Softmadia.com

Tips Blog, Profil Biografi Orang Terkenal dan Artikel Inspiratif

Zhang Xin Dulu Buruh Kini Orang Terkaya Dunia

Zhang Xin dilahirkan di Beijing tahun 1965 dari pasangan keluarga sederhana yang berasal dari Burma. Sekitar usia 14 tahun Ia pindah bersama ibunya ke Hong Kong kemudian tinggal di rumah susun yang hanya cukup untuk dua kasur di pinggiran Beijing.

Walaupun memiliki masa-masa sulit, Zhang Xin tidak menyerah begitu saja, Ia ingin merasakan mengenyam pendidikan di luar negeri. Dan ia pun bekerja lebih kurang 5 tahun di pabrik garmen dan produk elektronik, Di sini Ia menabung hingga mencapai usianya yang ke 20 kemudian dirasa cukup dan memutuskan untuk hijrah ke London, Inggris.

Dengan uang tersebut ia gunakan untuk keperluan sehari-hari saat belajar Bahasa Inggris di sebuah sekolah sekretaris. Kemudian ia mengambil studi ekonomi di Universitas Sussex hingga lulus dan mendapatkan beasiswa.

Ia pun melanjutkan ke Cambridge University untuk menyelesaikan gelar master ekonomi pada tahun 1992. Mengawali kelulusannya Ia pun mendapatkan pekerjaan di Barings Plc yang kemudian pindah bekerja di perusahaan internasional Goldman Sachs and Travelers Group yang bergerak dibidang investment banking.

Dan akhirnya ia pulang ke kampung halamannya, Beijing dan mendirikan Hongshi pada tahun 1995 bersama suaminya Pan Shiyi.  Hongshi yang artinya batu merah kini menjadi salah satu perusahaan besar di dunia yang bergengsi di Beijing dan dikenal dengan SOHO China merupakan pengembang property terbesar di Beijing.

SOHO China perusahaan Zhang Xin

Penghargaan Zhang Xin

Wanita cantik berambut sebahu ini telah di anugerahkan berbagai penghargaan internasional karena perannya sebagai arsitektur visioner dan pengusaha inovatif. Adapun penghargaan yang pernah diraihnya antara lain :

  • BusinessWeek’s Stars of Asia Award pada tahun 2004
  • Special Prize di La Biennale di Venezia ke 8 atas proyek Commune by the Great Wall
  • Montblanc Arts Patronage Award pada tahun 2004
  • Ten Women to Watch in Asia pada tahun 2007 dari Wall Street Jounal
  • World’s Most Powerful Women pada tahun 2008 dan 2011 dari Forbes Magazine
  • Top Ten Bilionaire Women We Admire pada tahun 2009 versi Forbes
  • Top 50 Women in World Business versi Financial Times
  • China Top 10 Career Women Role Models pada tahun 2009 versi All-China Women’s Federation
  • The International Power 50 of the Most Powerful Women versi Fortune Magazine

Wow… Luar biasa bukan ? Kini Ia memiliki kekayaan pribadi sekitar US$ 3.6 Miliar tetapi ia tetap memilih untuk hidup dengan sederhana. Ia pun berkata ” sekalipun Anda telah bekerja keras dan sanggup membayar segala sesuatu yang diinginkan, tidaklah wajar jika hidup dengan menghamburkan uang”.

Softmadia.com © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!