Softmadia.com

Tips Blog, Profil Biografi Orang Terkenal dan Artikel Inspiratif

Tips Aman Belanja Online yang Perlu Anda Ketahui

Meningkatnya trend belanja online tidak lepas dari berbagai promosi yang ditawarkan para retail, Sebut saja festival belanja (Black Friday) yang memberikan potongan harga yang amat spesial.

Namun trend belanja online ini ternyata terdapat sejumlah kendala keamanan. Banyaknya transaksi yang mengharuskan penggunaan data pribadi membuat para konsumen cenderung enggan memberikan informasi pribadi mereka.

Seperti penuturan COO Experts Exchange, Gene Richardson kepada laman Mashable, Ada sekitar 25% dari keseluruhan pelanggaran keamanan yang terjadi di sektor retail. Oleh karena itu harus ada cara untuk melindungi data pribadi konsumen.

Perlindungan data pribadi konsumen haruslah menjadi syarat utama agar tidak terjadi penipuan atau pencurian data yang akhirnya akan menyebabkan konsumen protektif dalam belanja online.

tips aman belanja online

Tips Aman Belanja Online

Dan bagi Anda yang suka belanja, Berikut ini tips untuk berbelanja online dengan aman :

  • Pastikan laman yang Anda kunjungi memiliki sertifikat enkripsi. Biasanya hal ini dapat terlihat dari kode https atau ada indikator berwarna hijau terkunci di depan alamat laman.laman belanja online yang aman
  • Upayakan menggunakan komputer pribadi dalam bertransaksi, Jangan bertransaksi menggunakan sistem komputer yang digunakan secara umum, bila terpaksa dilakukan maka pastikan ada antivirus bereputasi sangat baik yang terpasang di komputer tersebut . Dengan komputer pribadi tentulah tidak semua orang dapat dengan mudah mengakses data pribadi.
  • Upayakan tidak memberikan detail data pribadi misalnya tanggal lahir, nama ibu kandung, tempat lahir dan sebagainya, Anda cukup memberikan nama, alamat atau no. Hp saja.
  • Atur pemberitahuan (notifikasi) melalui email atau SMS dari akun disetiap transaksi menggunakan kartu kredit. Hal ini untuk memastikan transaksi yang dilakukan oleh Anda sendiri.
  • Atur verifikasi melalui SMS untuk melakukan transaksi, Setiap ada transaksi yang dilakukan harus memasukkan kode yang dikirimkan melalui SMS.
  • Usahakan tidak sembarang klik tautan yang mencurigakan.
  • Gunakan kartu kredit yang tidak langsung terhubung pada akun bank pribadi atau akun pembayaran lainnya.
  • Jika menggunakan jaringan WIFI, pastikan koneksi tersebut sangat aman. Usahakan jangan bertransaksi menggunakan jaringan yang digunakan secara umum tanpa password pelindung.

baca juga : Cara Membuat Email Baru dari Gmail dan Yahoo

Meskipun upaya perlindungan sudah maksimal namun yang namanya kejahatan tetap sulit untuk dihilangkan. Paling tidak sudah berupaya untuk meminimalisir. Demikian tips aman belanja online, semoga dapat memberikan manfaat.

Softmadia.com © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!