Softmadia.com

Tips Blog, Profil Biografi Orang Terkenal dan Artikel Inspiratif

Sejarah Kerajaan Hindu di Indonesia (Nusantara)

Mengenal Kerajaan Hindu di Indonesia (Nusantara) ~ Bangsa Yunan datang ke Indonesia dan membawa pengaruh agama Hindu. Tahun 1500 SM pengaruh Hindu mulai berkembang. Bangsa Yunan datang ke Indonesia melalui jalur laut dari Kamboja. Tiba di Indonesia, kelompok tersebut tinggal dan memberikan pengaruh agama Hindu. Sehingga berdirilah kerajaan Hindu di Indonesia.

Beberapa Kerajaan Hindu Di Indonesia

Kerajaan Kutai di Indonesia

Kerajaan Kutai atau Kutai Kartanegara termasuk kerajaan Hindu yang berdiri di abad ke-4 Masehi. Berdirinya Kerajaan Kutai tidak jauh dari tepi sungai Mahakam, termasuk di daerah Muara Kaman, Kalimantan Timur. Raja Kudungga adalah pendiri dari Kerajaan Kutai.

Perkembangan kerajaan Hindu ini tertuang dalam prasasti. Pada masa Raja Mulawarman, cucu dari Raja Kudungga, setiap tahun menggelar upacara yaitu, Waprakeswara. Selain itu, Raja Mulawarman juga kerap memberikan tanah, emas, dan ternak kepada Brahmana.

Kenduri yang identik dengan agama Hindu ternyata sudah dilangsungkan sejak pemerintahan Kerajaan Kutai. Kenduri pada masa Raja Mulawarman bertujuan untuk memberi keselamatan untuk sang raja. Dari peninggalan yupa, arca, dan lainnya semakin memperkuat bahwa Kerajaan Kutai ikut memegang peranan penting pada penyebaran agama Hindu.

Kerajaan Tarumanegara di Indonesia

Kerajaan Tarumanegara berdiri di abad ke-4 Masehi. Daerah kerajaan Hindu ini tidak jauh dari tepi sungai Citarum yang ada di Bogor provinsi Jawa Barat. Termasuk sebagai kerajaan Hindu di Indonesia karena raja yang berjaya memerintah Kerajaan Tarumanegara merupakan seorang penganut Wisnu pada agama Hindu.

Selain itu, ketika peristiwa banjir yang melanda Kerajaan Tarumanegara dan kemudian membangun saluran air, penghormatan atas selesainya bendungan juga semakin mempertegas kerajaan ini adalah kerajaan Hindu. Raja memerintahkan untuk memberikan seribu ekor lembu untuk persembahan hadiah untuk para Brahmana.

Perkembangan agama Hindu di Kerajaan Tarumanegara sendiri karena ajaran yang dibawa oleh Rahib Gunawarman. Selain itu, peninggalan bersejarah seperti arca Rajasi, arca Wsinu Cibuaya I dan II menjadi bukti agama Hindu begitu kuat di Kerajaan Tarumanegara.

Kerajaan Mataram Kuno di Indonesia

Kerajaan Mataram Kuno berdiri abad ke-8 Masehi. Kerajaan ini terletak di daerah pedalaman provinsi Jawa Tengah. Berdirinya kerajaan Hindu di Jawa Tengah didirikan oleh raja Sana. Kemudian dilanjutkan oleh Raja Sanjaya. Bukti Kerajaan Mataram Kuno sebagai kerajaan Hindu adalah adanya candi Gedong Songo yang dapat ditemukan di kawasan Candi Prambanan.

baca juga : sejarah kerajaan Mataram

Kerajaan Majapahit di Indonesia

Kerajaan Majapahit pertama kali berdiri di tahun 1293. Didirikan oleh raden Wijaya yang memerintah dari tahun 1293 sampai dengan tahun 1309. Kerajaan Majapahit mulai dikenal ketika diperintah oleh Hayam Wuruk di tahun 1350 sampai dengan tahun 1389. Masa kejayaan tidak lain juga berkat turun tangan dari sang patih Gadjah Mada. Sehingga perkembangan agama Hindu tersebar luas tidak hanya di Mojokerto. Namun sampai Birma, Amman, Kamboja, India, bahkan Cina.

Bukti bahwa kerajaan ini adalah kerajaan Hindu tentu adanya beberapa peninggalan candi, salah satunya Candi Tikus. Kerajaan Majapahit termasuk kerajaan Hindu terakhir dan setelahnya tidak ada lagi kerajaan Hindu yang berkuasa di Indonesia.

Sejarah kerajaan Hindu di Indonesia memberikan dampak langsung hingga saat ini. Salah satunya adalah kebiasaan agama Hindu yang dipadukan dengan budaya Jawa alias Kejawen. Seperti Kenduri, sampai saat ini masih ada beberapa penduduk Indonesia yang melangsungkan upacara Kenduri.

Selain itu, daerah kerajaan Hindu yang ada juga tersebar. Empat kerajaan Hindu yang sudah disebutkan di atas adalah perwakilan. Dan jika disebutkan seluruhnya, tentu masih ada banyak kerajaan Hindu yang ada di nusantara ini

Softmadia.com © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!