Rio Haryanto Pembalap Mobil F1 Pertama dari Indonesia

Rio Haryanto, Pemuda tampan asal Solo kini semakin ramai diperbincangkan masyarakat dan menjadi sorotan utama berbagai liputan media karena keberhasilannya masuk sebagai salah satu pembalap formula 1 (F1). Karena ketampanan sang pembalap Indonesia itu membuatnya dikagumi oleh kaum hawa bahkan banyak yang ingin menjadi pacar Rio Haryanto.

Kini Rio dikenal sebagai jawara seri balapan mobil GP2, Ia lahir pada tanggal 22 Januari 1993 di Solo, Jawa Tengah dari pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati. Rio merupakan anak bungsu dari 4 saudaranya yang juga laki-laki semua.

Rio Haryanto yang sejak kecil sudah mengecap disiplin terapan dari sang ayah memulai debut balapan mobil pada usia 6 tahun dengan mengemudikan gokart. Adalah sang ayah yang melihat bakat besar dalam diri anaknya kemudian diikutsertakannya ke ajang balapan Go-kart dan berhasil menjadi juara nasional kelas kadet pada tahun 1999.

Selama 7 tahun Rio Haryanto berkecimpung dalam dunia balap go-kart dan berhasil menyabet berbagai prestasi, antara lain : penghargaan atlet junior terbaik tahun 2005, dan tahun 2006 dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Selain itu Ia juga berhasil sebagai juara pertama dalam ajang Asian Karting Open Championship Series 1 di sirkuit Guia, Macau, China.

Pada tahun 2009 ia mulai mengikuti kompetisi di beberapa seri balap mobil, Antara lain : Autralian Drivers Championship, Asian Formula Renault Challenge dan BMW Pacific. Dalam seri kejuaraan BMW Pacific ia yang tergabung dalam team Meritus asal Malaysia berhasil memetik kemenangan sebanyak 11 seri dari 15 seri yang diperlombakan. Dimana sebelumnya di tahun 2008, Ia pun berhasil mengikuti ajang balap Asian Formula Challenge, Formula Asia 2.0 dan BMW Pacific untuk mengawali karier profesionalnya di dunia balap mobil. Di ajang Formula Asia 2.0 ini Ia berhasil memenangkan dua seri dan keluar sebagai juara 3 bahkan menjadi yang tercepat.

Di tahun 2010 berkat dukungan beberapa sponsor Rio Haryanto mengikuti ajang GP3 Europe Series di Turki dan berhasil keluar sebagai juara. Selanjutnya Ia berhasil meraih 1st Runner Up Silverstone Series dan 2nd Runner Up di Italy dan mendapatkan gelar The Best Driver Manor Racing. Di ajang balapan benua Eropa inilah lagu Indonesia Raya dikumandangkan untuk pertama kalinya.

Rio Haryanto Ikut GP2 Series

Tahun 2012, di tahun ini Rio Haryanto yang telah mendapatkan bantuan dana dari sponsor utama Indonesia yaitu PT. Pertamina kemudian mengikuti kejuaraan GP2 Series pertama kali dalam tim Carlin GP2. Di tahun inilah ia berkesempatan menjajal mobil balap F1 milik team Marussia F1 Team sebanyak 79 lap dalam sebuah uji coba bagi pembalap muda F1 di sirkuit Silverstone, Inggris.

 

FIA Superlicense : Sebuah lisensi yang harus dimiliki seorang pembalap untuk mengikuti lomba di Formula 1

 

Dari sinilah Ia sebagai orang Indonesia yang pertama kali memenuhi syarat mendapatkan FIA Superlicense sebuah lisensi yang harus dimiliki bagi pembalap yang ingin berkiprah di Formula 1 bergengsi.

Ditahun 2013, Rio bergabung dalam Addax Team, Namun dalam tim yang memiliki performa dan mekanik yang buruk membuat prestasi Rio kurang memuaskan dalam 4 balapan yang diikutinya meskipun demikian Ia berhasil meraih podium pertamanya di sirkuit Silverstone dengan menempati peringkat 2 pada sprint race.

Kecewa akan performa mobil dan mekanik, Rio Haryanto akhirnya memutuskan untuk pindah ke Team Caterham GP2 untuk musim 2014, Di sini Ia berpasangan dengan Alexander Rossi dari Amerika Serikat dan meraih hasil yang memuaskan pada percobaan di Abu Dhabi. Tahun 2015 Rio pindah dan bergabung ke team Campos Racing.

Di tim ini Ia memilik beberapa berhasil menyabet beberapa prestasi yaitu : Runner Up di Feature Race Seri Bahrain dan Runner Up Seri Sprint Race Austria. Di sini Rio juga mendapatkan kesempatan untuk menjajal mobil F1 milik Manor pada sesi tes pasca musim yang diadakan di Pirelli bulan Desember sebanyak 55 lap dengan catatan waktu terbaik 1:49:593 dan berada pada peringkat 15 dari 16 peserta.

Rio Haryanto Masuk Formula 1 Series

Karena sudah memiliki Superlicense F1, Rio perlu memperjuangkan dana sebesar 15 juta Euro atau senilai Rp. 225 M untuk dapat mengikuti kejuaraan F1 di bawah Tim Manor Racing.  Karena waktu pelunasan ke Tim Manor Racing sudah sangat dekat, Rio dan manajemennya meminta bantuan kepada pemerintah melalui Kemenpora dan berbagai pihak, Dimana sebelumnya pihak PT.Pertamina telah berjanji akan memberikan dana sebesar 5 juta Euro.

Setelah menanti waktu yang panjang maka tanggal 18 Februari 2016, Tim Manor Racing selaku tim balap F1, Secara resmi mengumumkan Rio telah bergabung ke timnya berpasangan dengan Pascal Wehrlein asal Jerman dan Rio tercatat sebagai pembalap asal Indonesia yang pertama kali berhasil masuk ke dalam kejuaraan F1 yang sangat bergengsi itu.

 

Biodata Rio Haryanto

  • Nama                                : Rio Haryanto
  • Tempat dan Tgl. Lahir     : Solo, 22 Januari 1993
  • Agama                              : Islam
  • Kebangsaan                     : Indonesia
  • Alamat                              : Jl. Slamet Riyadi No. 358, Surakarta
  • Ayah                                 : Sinyo Haryanto
  • Ibu                                    : Indah Pennywati
  • Saudara                            : Roy Haryanto, Rizky Haryanto, Ryan Haryanto

 

baca juga : Profil dan Biografi William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

 

Karier Rio Haryanto

  1. 2002 – Juara Nasional Go-kart kelas kadet
  2. 2005 – Penghargaan IMI sebagai Atlet Go-kart Junior Terbaik
  3. 2008 – Juara Nasional Go-kart
  4. 2008 – Formula Asia 2.0 : ke -3 , 121 poin
  5. 2008 – Formula Renault Asia : ke-6, 160 poin
  6. 2009 – Juara Formula BMW Pacific
  7. 2010 – GP3 Series : ke-5 , 27 poin
  8. 2010 – F1 Test, Virgin VR-01
  9. 2015 – GP2 Series, ke-5, 132 poin
  10. 2016 – F1 Driver, Manor Racing Team

Kini Rio Haryanto pembalap mobil F1 pertama dari Indonesia disebut sebagai salah satu pembalap muda yang berpotensi menjadi wakil Asia di ajang Formula Satu di masa depan. Semoga saja semakin banyak muncul Rio Haryanto lainnya untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

sumber : wikipedia

Share