Profil dan Biografi William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

Profil dan Biografi William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia ~ William Tanuwijaya dilahirkan di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 Nopember 1981. Setelah menyelesaikan SMA beliau berangkat menuju Jakarta untuk meneruskan kuliah. Ia pun kuliah di salah satu sekolah ternama di ibukota yaitu Universitas Bina Nusantara ( BINUS ). Ia bekerja di warnet sebagai pekerjaan sampingan sebagai tambahan untuk membiayai kuliahnya.

Tidak lama setelah lulus dari BINUS, beliau pun memberanikan diri untuk melamar di salah satu kantor yang bergerak dibidang pengembangan software komputer. Prestasi bekerja di perusahaan tersebut semakin meningkat hingga suatu ketika ia dipercaya menjadi moderator di sebuah forum online yang memiliki fasilitas jual beli. Dari sinilah muncul ide untuk mendirikan perusahaan jual beli yang bergerak di bidang internet.

Ide Mendirikan Tokopedia

Bermodalkan ide tersebut, Ia pun kemudian mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan perusahaan jual beli online. Adalah Tokopedia sebuah startup yang menghubungkan penjual dan pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis.

Pendirian perusahaan tersebut tidak serta merta langsung melejit, Berbagai hambatan dan rintangan harus dilalui. Perusahaan yang akan didirikan tersebut membutuhkan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itulah Ia pun berusahaa untuk mencari bantuan modal untuk dapat mengembangkan usahanya tersebut.

Belajar dari usaha awal Google dan Facebook yang didirikan atas bantuan dana awal melalui perusahaan ventura, Ia pun mendatangi orang-orang, mulai dari teman-teman dekatnya. Dengan menceritakan tujuan dan sasaran utama Tokopedia yang berniat mempertemukan penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia secara aman inilah sebagai tehnik mencari dana bantuan tersebut.

Selama mencari investor untuk mendanai Tokopedia tersebut, berbagai penolakan harus ditelan. Tetapi hal tersebut tidaklah membuat beliau menjadi patah arang. Ia pun tetap bertekad bulat untuk melaksanakan keinginannya itu.

William Tanuwijaya Mendirikan Tokopedia

Usaha tidak kenal lelah dari seorang William Tanuwijaya selama dua tahun, akhirnya membuahkan hasil. Tepat pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia resmi didirikan dan pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2009, Tokopedia resmi diluncurkan ke publik setelah mendapatkan suntikan dana dari pada Investor. Karena perkembangannya yang sangat signifikan, membuat para investor semakin tertarik untuk memberikan pendanaan. Tokopedia mendapatkan pendanaan antara lain dari

East Ventures tahun 2010

CyberAgent Venture tahun 2011

Beenos tahun 2012

Softbank tahun 2013

Karena perkembangannya yang sangat baik maka sekitar tahun 2014, Tokopedia mendapatkan kucuran dana untuk modal sebesar 100 Juta Dollar dari Softbank Internet yang tercatat juga sebagai pemodal Alibaba serta Sequoia Capital yang juga pernah memodali Google dan Apple dan Instagram.

Hingga kini tokopedia terus berkembang pesat hingga menjadi salah satu perusahaan online yang besar berkat usaha tidak kenal lelah dari William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

Demikian profil dan biografi William Tanuwijaya pendiri Tokopedia, Semoga dapat bermanfaat.

Share