Softmadia.com

Tips Blog, Profil Biografi Orang Terkenal dan Artikel Inspiratif

Cara Membuat Akun Twitter Bagi Pengguna Baru yang Lengkap

Hampir setiap saat ada saja pengguna baru yang mencari cara membuat akun Twitter. Dari yang sekedar ingin tahu hingga ingin menjadikannya sebagai akun bisnis.  Memang Twitter adalah salah satu media sosial yang populer di dunia, tidak hanya kalangan orang biasa, artis atau pebisnis saja bahkan seorang pejabatpun tidak ketinggalan untuk mendaftar dan membuat akun Twitter.

Membuat akun Twitter sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja dikarenakan ragu-ragu dan rasa takut salahlah yang menjadikannya halangan pembuatan akun Twitter tersebut. Padahal dengan mencoba membuat sendiri media sosial ini belumlah tentu akan gagal.

Fungsi Twitter itu sendiri adalah sebagai media sosial untuk saling berbagi informasi. Namun disamping itu media sosial yang satu ini sudah banyak digunakan sebagai alat ajang promosi secara online. Kepopuleran Twitter memberikan efek viral yang cepat dan memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan nyata. Meski Twitter sudah sangat populer, Namun ternyata masih ada juga orang yang mengeluhkan tidak tahu cara membuat akun Twitter tersebut.

Dengan alasan itulah maka saya akan memberikan penjelasan cara membuat akun Twitter bagi pengguna baru lengkap dengan gambar untuk membantu pengguna yang masih awam. Silahkan disimak langkah-langkah berikut ini :

I. Cara Membuat Akun Twitter

1. Kunjungi website https://twitter.com

2. Lihat ke kanan atas, dan klik “Daftar”

 

cara membuat akun twitter

 

3. Selanjutnya akan masuk ke halaman berikutnya, isilah data-data Anda pada formulir yang telah disediakan, berupa :

  • Nama lengkap
  • Ponsel atau Email
  • Kata sandi

ingat kata sandi harus minimal 6 karakter, upayakan terdiri dari campuran angka dan huruf agar lebih kuat. Jangan lupa catat nama pengguna dan kata sandi (password) tersebut agar tidak lupa.

  • Lanjut dengan Klik “Daftar”

isi data cara membuat akun twitter

baca juga : Cara Membuat Email Baru dari Gmail dan Yahoo

4. Selanjutnya akan terbuka menu untuk menambahkan no. ponsel. Anda bisa memasukkannya nanti dan klik lewati. (bila Anda memasukkan no. ponsel klik “Selanjutnya”).

menambahkan ponsel cara membuat akun twitter baru

5. Masukkan nama pengguna akun Twitter, nama inilah yang akan tampil di muka layar Twitter. Klik “Selanjutnya”

nama pengguna twitter cara membuat akun twitter

6. Tunggu proses hingga selesai. Twitter akan mengunci nama pengguna yang telah Anda buat, Sehingga nama ini tidak akan bisa digunakan oleh pengguna lain.

cara membuat akun twitter harus verifikasi ponsel

Verifikasi Akun Twitter

7. Jangan khawatir dengan pesan yang ditampilkan, Anda diminta untuk melakukan verifikasi nomor ponsel, Silahkan klik “Mulai”.

tambah nomor ponsel cara membuat akun twitter

Klik “Hubungi Saya” dan sesaat kemudian akan ada panggilan telepon dari Twitter (biasanya +140404) untuk memberikan kode (dalam Bahasa Inggris) , catat dan isikan kode tersebut ke dalam kotak yang telah disediakan. Dan klik “Kirim”

kode verifikasi cara membuat akun twtiter baru

baca juga : Cara Membuat Blog Gratis Sendiri dari Blogger untuk Pemula

Apabila berhasil melakukan verifikasi maka akun yang tadinya terkunci akan terbuka kembali untuk diakses oleh pengguna. Klik “Lanjut ke Twitter”

selesai verifikasi dan cara membuat akun twitter

8. Untuk dapat mengakses seluruh fitur Twitter maka Anda perlu melakukan konfirmasi email. Jadi sekarang bukalah email Anda dan temukan tautan yang dikirimkan Twitter. Dan klik “Konfirmasi sekarang”

konfrimasi email dari cara membuat akun twitter lengkap

Nah, sampai di sini sebenarnya sudah selesai langkah membuat akun Twitter baru. Namun Anda perlu melakukan settingan-settingan dasar agar akun Twitter menjadi lebih siap sehingga tidak terlihat kosong.

II. Cara Membuat Settingan Dasar Pada Akun Twitter

Apa saja settingan-settingan yang harus dilakukan ? Berikut ini penjelasannya :

  1. Setting Profil di Akun Twitter

Klik gambar telur di kanan atas

klik telur twitter - cara membuat akun twitter

 

Selanjutnya klik “Lihat Profil” >> “Edit Profil” dan akan terbuka layar baru. Di menu ini Anda dapat melakukan beberapa perubahan penting sebagai tanda pengenal akun Twitter pribadi Anda. Antara lain :

  • Foto Profil
  • Foto Header
  • Nama
  • Bio
  • Lokasi
  • Situs Web
  • Warna Tema
  • Tanggal Lahir

edit profil akun twitter

Setelah selesai seluruhnya klik “Simpan perubahan”.

artikel lainnya : Cara Membuat Akun Facebook Baru – Daftar FB Sendiri

2. Melakukan Settingan Lainnya

  • Mem-follow Beberapa Akun Twitter

akun twitter untuk diikuti

Lihat ke bagian kanan atas, temukan “Untuk diikuti” klik “Lihat semua”. Silahkan pilih akun yang ingin Anda follow untuk mendapatkan kabar darinya. Tidak ada keharusan untuk melakukan ini, Namun bila tidak ada akun yang Anda follow maka timeline Twitter Anda akan kosong selain kicauan Anda sendiri.

Sedangkan untuk mencari akun teman atau orang lain yang sudah diketahui namanya, Anda dapat mengetikkan nama akunnya di bar yang tersedia selanjutnya klik “Cari di Twitter”

  • Membuat Kicauan di Akun Twitter

⇒ Untuk membuat kicauan, Anda cukup klik gambar bulu bertuliskan “Tweet”. Maksimal huruf yang diperbolehkan adalah 140 huruf saja. Setelah selesai menulis kicau, klik icon “Tweet” untuk memposting.

⇒ Untuk Mengirim balasan di Twitter, Klik icon balas icon balas akun twitteryang ada di bawah setiap Tweet, Selanjutnya akan muncul kotak Tweet yang di dalamnya berisi nama pengguna (mis. @softmadia) yang akan dibalas. Setelah dirasa sudah siap klik “Tweet” untuk mengirim.

⇒ Untuk Me-Retweet atau menyebarkan Tweet ke pengikut Anda cukup mengklik icon Retweet  retweet akun twitter

⇒ Untuk menyukai (like) sebuah Tweet, Klik tanda “hati” yang akan berubah menjadi berwarna merah sebagai tanda Anda telah menyukai Tweet itu.

⇒ Sedangkan simbol Hashtag (#) berfungsi untuk menggolongkan Tweet berdasarkan kata kunci (seperti kategori). Jadi setiap Tweet yang memiliki tanda Hashtag (#) akan tampilkan di pencarian Twitter dengan lebih mudah. Jadi bila Anda men-Tweet dengan hashtag di-akun publik maka siapapun yang mencari hashtag tersebut dapat menemukan Tweet Anda. Sebuah kata ber-hashtag bila digunakan / diposting oleh banyak orang akan menjadi Topik Populer.

  • Login – Logout

Untuk masuk (Login) ke Twitter : Ketik https://twitter.com >> klik “Masuk” yang berada di kanan atas layar monitor. Isikan salah satu identitas Anda berupa no. Ponsel, email, atau nama pengguna. Lanjutkan di bawahnya dengan mengisi password (kata sandi) yang sudah dibuat pada saat pendaftaran sebelumnya. Klik “Masuk” atau “Sign in”.

Untuk keluar (Logout) dari akun Twitter Anda hanya cukup mengklik icon profil dan pengaturan (Logo atau foto Anda) dan arahkan cursor ke bawah, Klik “Logout” atau “Keluar”

Ok, Demikian panduan cara membuat akun Twitter bagi pengguna baru semoga dapat memberikan manfaat.

Updated: 12th May 2017 — 20:58
Softmadia.com © 2017 Frontier Theme
error: Content is protected !!