• Home »
  • tips »
  • Mengatasi Error Missing: Author Missing: Updated WordPress

Mengatasi Error Missing: Author Missing: Updated WordPress

Bagi pengguna CMS WordPress mungkin pernah mengalami permasalahan error di Structured Data. Bila ada bagian dari struktur data pembentuk template yang hilang dan tidak sesuai aturan dari microformats.org (type data: hatom dan hentry) maka Google Webmasters Tools akan menandainya sebagai kesalahan error missing: author missing: updated.

Mengatasi error missing: author missing: updated wordpress

 

Error ini biasa terjadi pada halaman search page privacy policy, disclaimer, contact us, about us dan lain-lain. Tentu hal ini menunjukkan kesehatan blog sedang terganggu. Meskipun efek dari kesalahan tersebut secara langsung memang tidak terlalu terasa, Tetapi yang namanya error sebaiknya segera dilakukan perbaikan.

Nah, Bagi Anda yang mengalami hal seperti itu saya memiliki sedikit pengalaman mengatasi error missing:author  missing:updated dikala mengecek kesehatan blog di Google Webmasters Tools, siapa tahu Anda membutuhkannya.

 

Solusi Mengatasi Error missing: author missing: updated

 

Perhatikan gambar di bawah ini

cara mengatasi error missing: author missing: updated blog wordpress

 

  • Login ke blog WordPress
  • di Menu WordPress, temukan dan klik “Appearance”
  • Klik “Editor” yang terdapat di bagian bawah
  • Scroll layar ke bawah, temukan dan klik  “Single Page (page.php)”
  • Cari kode seperti di bawah ini ( dibagian no 4 gmbr. di atas), Gunakan Ctrl+F untuk membantu
<div class="post-title"><h1 class="entry-title"><?php the_title(); ?></h1></div>
  • Kemudian Copy kode di bawah ini, dan letakkan tepat di bawahnya
<span class="meta_author vcard author"><span class="fn"><?php _e('Posted by'); ?> 
<?php the_author_posts_link(); ?></span></span><span class="meta_date updated">
<?php _e('On'); ?><?php the_time('F d, Y'); ?></span>
  • Klik “Update File” ( no. 5 )

Lakukan refresh dan lihat halaman yang mengalami error apakah di bawah judul halaman sudah ada tampilan seperti di bawah ini

Posted by admin On October 22, 2015

Jika sudah berarti Anda berhasil menambahkan bagian struktur data yang hilang. Error yang terjadi tidak akan langsung hilang saat itu. Tunggulah mesin pencari melakukan proses crawl-nya dan akan otomatis hilang dengan sendirinya. Waktu untuk menghilangkannya tidak bisa ditentukan, ada yang hanya perlu beberapa hari, ada juga yang lebih dari 1 minggu. Karena itu lakukan pengecekan di Google Webmasters Tools untuk memastikannya.

Apabila tidak berhasil, ada kemungkinan terjadi perbedaan di

meta_author vcard author

hal ini mungkin saja terjadi karena berbagai macam gaya penulisan template. Solusinya adalah buka “Single Post (single.php)” , kemudian cari ‘vcard author‘ ( menggunakan Ctrl+F ).

Bila sudah ketemu perhatikan kode script yang berada di sampingnya, copy dan gantikan dengan meta_author pada kode script di atas dan lanjutkan langkah-langkah di atas.

Demikian cara mengatasi error missing: author missing: updated di blog WordPress, Semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca setia Softmadia.com

Share