Inilah Sejarah 6 Kerajaan Tertua di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali kerajaan. Dari Sebelum Masehi hingga Masehi sudah berdiri kerajaan, baik kerajaan bercorak Hindu, Budha, Islam pernah berdiri di Indonesia. Mengenal sejarah keberadaan kerajaan tertua di Indonesia tentunya menarik untuk di simak. Belajar kembali sejarah adalah bagian dari ikut melestarikan sejarah dan budaya yang dirintis sejak kerajaan-kerajaan berdiri. Dan inilah kerajaan-kerajaan tertua yang pernah berdiri di Indonesia.

Kerajaan Tertua di Indonesia

Kerajaan Kandis di Indonesia

Kerajaan Kandis berdiri Sebelum Masehi, tepatnya abad ke-1 Sebelum Masehi. Pendiri dari kerajaan tertuaini adalah Maharaja Diraja. Menurut sejarah, beliau menuju ke sebuah bukit yang ada di daerah Sumatera Tengah yaitu, bukit Bakau. Kemudiaan mendirikan kerajaan yang awalnya bernama Dhamna. Kurang diketahui kejayaan apa saja yang pernah diraih oleh kerajaan berlambang sepasang bunga raya warna merah dan putih ini. Pastinya adalah putra dari Maharaja Diraja berhasil memperoleh gelar kehormatan berupa Mangkuto Maharaja Diraja.

Kerajaan Salangkanagara di Indonesia

Kerajaan Salangkanagara adalah kerajaan tertua di Indonesia yang ada di provinsi Jawa Barat. Berdiri di tahun 130 Masehi dan berjaya hingga tahun 362 Masehi. Siapa sangka kerajaan tertua bernama Kerajaan Salangkanagara didirkan oleh pedagang yang merantau. Pedagang India, Dewawarman, beliau adalah pendiri dari kerajaan tertua yang ada di Banten.

Kerajaan Melayu Tua Jambi di Indonesia

Kerajaan Melayu Tua Jambi ada sejak abad ke-2 Masehi. Sebagai kerajaan tertua, daerah kekuasaan yang berhasil direbut sungguh luar biasa. Terdapat lima belas daerah yang berhasil dikuasai oleh Kerajaan Melayu Tua Jambi. Tidak hanya daerah yang ada di Indonesia seperti Palembang dan Aceh, namun juga berhasil menguasai daerah yang ada di negara Thailand dan Kamboja.

Kerajaan Sekala Brak di Indonesia

Kerajaan Sekala Brak sebagai kerajaan tertua berdiri pada abad ke-3 Masehi. Kerajaan tertua yang menganut ajaran Hindu. Namun ketika kedatangan empat orang Umpu yang berasal dari Pagaruyung, Kerajaan Sekala Brak berubah ajaran dari Hindu menjadi Islam. Daerah Kerajaan Sekala Brak berada di bawah kaki Gunung Pesagi yang ada ada di Lampung.

Kerajaan Taruma di Indonesia

Kerajaan Taruma atau Tarumanegara termasuk kerajaan tertua yang ada di Indonesia. Berdiri di pulau Jawa sejak abad ke-4 Masehi dan berakhir abad ke-7 Masehi. Bukti bahwa kerajaan yang dikenal menganut ajaran Hindu ini adalah peninggalan artefak. Artefak sebagai catatan sejarah menjelaskan Kerajaan Taruma termasuk bagian kerajaan tertua yang pernah ada dan berkuasa di bumi pertiwi yang memiliki raja terkenal bernama Purnawarman.

Kerajaan Barus di Indonesia

Kerajaan Barus berdiri pada abad ke-6 Masehi. Ketika Islam mulai tersebar di Semenanjung Arab, daerah Kerajaan Barus juga terkena dampak dari penyebaran agama Islam. Sehingga kerajaan tertua yang ada di Barus ini menganut agama Islam. Tahun ke-7 Masehi tepatnya Islam mulai disebar-luaskan di Kerajaan Barus. Pendiri Kerajaan Barus adalah Sultan Ibrahimsyah keturunan dari Minang. Kemudian penguasa pertama dari kerajaan tertua ini adalah Raja Kadir. Namun kemudian segera tergantikan oleh putranya.

Enam kerajaan yang disebutkan di atas adalah perwakilan dari kerajaan tertua di Indonesia. Sejarahnya ada banyak kerajaan tertua yang pernah ada di negara yang terdiri dari kepulauan ini. Namun paling tidak dengan adanya penjelasan di atas, menjadi tahu kerajaan-kerajaan apa saja yang termasuk sebagai kerajaan tertua. Dan dengan mengetahui nama-nama kerajaan tertua, sudah termasuk bagian dari belajar sejarah, salam dari softmadia.com

error: Content is protected !!