Cara Menghapus Akun Facebook (menonaktifkan) Secara Permanen dan Sementara

Cara Menghapus Akun Facebook ~ Kita tahu bahwa saat ini pengguna Facebook sudah sangat banyak, Dan semakin hari pun semakin bertambah banyak pengguna yang minta dibuatkan akun facebook. Di sisi lain dengan bertambahnya pengguna Fb, banyak pula yang ingin menonaktifkan akun facebooknya dengan cara menghapus akun facebook baik secara permanen maupun sementara. Hal ini cukup mengherankan, Entah alasan apa yang membuat pengguna ingin menutup akun facebook tersebut.

Karena alasan itulah saya mencari tahu dengan melakukan pengamatan, dan didapati beberapa alasan yang menjadi penyebab utama penonaktifan akun facebook :

 

Penyebab Pengguna Menghapus Akun Facebook

  1. Pengguna merasa bosan dengan akunnya
  2. Pengguna merasa malu menggunakan akunnya karena berbuat kesalahan
  3. Pengguna ingin menghilangkan identitas
  4. Pengguna merasa tidak pantas lagi menggunakan facebook
  5. Pengguna merasa tidak ada manfaat menggunakan facebook
  6. Akun pengguna sengaja dihapus oleh orang lain
  7. Pengguna sudah meninggal dunia

 

Perlu diketahui bahwa menghapus akun facebook membuat Anda tidak akan bisa mendapatkan kembali akses ke akun tersebut, dengan kata lain harus membuat akun facebook baru lagi.  Jadi perlu dipikirkan dengan matang agar tidak terjadi penyesalan nantinya.

 

Meski demikian masih banyak pengguna yang mencari tahu cara menghapus akun facebook secara permanen karena kesulitan untuk menonaktifkan akun facebook pribadinya ketika keinginannya itu datang menghantui.

Sebenarnya hapus akun Facebook adalah hal yang mudah dilakukan, tetapi karena jarang digunakan maka banyak pengguna Facebook (FB) yang tidak tahu fitur ini.

 

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa menghapus facebook secara permanen menyebabkan akun tidak bisa diakses lagi. Jika Anda ragu untuk melakukannya, Anda bisa mencoba pilihan kedua yaitu dengan cara menonaktifkan akun facebook sementara waktu yang memberikan fleksibilitas akun agar bisa digunakan kembali suatu saat.

Bila Anda perlu dan kesulitan untuk mengambil langkah menghapus akun facebook maka dibawah ini penjelasannya :

 

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Ingat !! .. Menghapus akun secara permanen berarti Anda tidak akan dapat mengaktifkan kembali atau mengambil kembali konten atau informasi yang sudah Anda masukkan. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Ketikkan di browser atau langsung klik  https://www.facebook.com/help/delete_account

Akan tampil menu baru, Silahkan klik ‘Hapus Akun Saya‘ , Tekan Enter

 

cara menghapus akun facebook

 

2. Selanjutnya tampil menu pop-up, Isi Password yang digunakan untuk login akun facebook Anda, dan jawab pertanyaan yang sedang diajukan.kemudian klik OK yang berada di bagian bawah.

Catatan : pertanyaan yang diajukan tidaklah sama, ada yang berbentuk gambar ada pula yang hanya berbentuk tulisan acak. Jadi silahkan perhatikan dengan teliti pertanyaan tersebut.

 

cara menghapus akun facebook

 

3. Dan selesai, Kini akun Anda telah dinonaktifkan dan akan dihapuskan secara permanen dalam jangka kurang dari 14 hari. Tapi bila Anda LOGIN kembali ke akun dalam waktu kurang dari 14 hari sejak pengajuan penghapusan maka Anda akan memiliki pilihan untuk membatalkan penghapusan tersebut.

 

cara menghapus akun facebook permanen

Cara Menghapus Akun Facebook (Fb) Sementara

Cara menghapus akun facebook sementara adalah pilihan yang lebih aman , Karena jika Anda ingin kembali ke Facebook kapan saja setelah menonaktifkan Fb, Anda dapat mengaktifkan kembali akun dengan login menggunakan email dan kata sandi Anda.

Profil akan dipulihkan secara keseluruhan (mis: teman, foto, dan minat). Ingat bahwa Anda perlu memiliki akses ke alamat email masuk pada akun Anda agar dapat mengaktifkannya lagi. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Klik menu akun di sebelah kanan atas halaman Facebook
  • Pilih Pengaturan
  • Klik Keamanan di kolom kiri
  • Pilih Nonaktifkan Akun Anda
  • Klik Sunting
  • Klik Nonaktifkan akun Anda
  • Tandai Alasan penonaktifan akun
  • Setting waktu untuk mengaktifkan Akun Facebook secara otomatis
  • Centang tolak email jika tidak ingin menerima email, biarkan kosong jika ingin tetap menerima email
  • Klik Tutup
  • Akan tampil menu pengingat sekali lagi, Klik nonaktifkan Sekarang
  • Selesai

 

Pikirkan perbedaan antara menghapus akun facebook secara permanen dengan menonaktifkan akun facebook sementara sebelum Anda memutuskannya.

1. Jika menghapus akun facebook permanen maka :

  • Anda tidak akan bisa mendapatkan kembali akses ke akun facebook
  • Ada hal yang tidak disimpan dalam akun Anda, Jadi tidak sepenuhnya akan terhapus permanen hingga tenggat waktu yang diberikan Facebook sudah habis. Misalnya pesan Anda yang telah dikirimkan ke teman tetap akan ada walau Anda menghapus akun facebook secara permanen.
  • Diperlukan waktu 90 hari untuk menghapus seluruh hal yang Anda kirimkan misalnya foto, pembaruan status, atau data lain yang tersimpan di dalam sistem pencadangan data.

2. Jika menonaktfikan akun facebook sementara maka :

  • Profil Anda akan disembunyikan (tidak aktif) saja
  • Seseorang tidak akan dapat melihat informasi di kronologi Facebook Anda
  • Sebagian info masih dapat dilihat orang lain, misalnya nama Anda di daftar teman orang lain dan pesan yang Anda kirim kepada teman
  • Orang-orang di Facebook tidak akan dapat mencari Anda
  • Teman, Foto, Minat, Tetap masih tersimpan dalam akun facebook dan bisa terlihat kembali ketika akun diaktifkan kembali

Nah, Demikianlah cara menghapus akun facebook sementara dan secara permanen, Silahkan pergunakan dengan keperluan, Semoga dapat bermanfaat. Salam sukses.

error: Content is protected !!