Cara Membuat Fans Page Facebook | Bikin Halaman Fb

Sebagai salah satu media sosial yang ber-pengguna sangat banyak, Pihak Facebook menyediakan fasilitas gratisan untuk membuat fans page facebook sebagai halaman fb tersendiri untuk mewakili merek, selebriti, bisnis atau organisasi. Dimana fungsi dari sebuah fans page facebook adalah sebagai wadah untuk menyatukan minat yang sama dalam bentuk komunitas.

Fans page facebook membuat setiap anggotanya yang tergabung di dalamnya dapat dengan mudah terhubung dan cepat mendapatkan informasi.

Karena potensi besar tersebut ditambah dengan mudahnya pembuatan sebuah fans page facebook menjadikannya banyak dibuat untuk ajang berbagai promosi.

Nah, bila Anda tertarik untuk membuatnya, berikut ini cara membuat fans page facebook  atau halaman fb disertai dengan gambar untuk membantu mempermudah pembuatan.

Langkah Membuat Fans Page Facebook untuk Pemula

Sebelum mulai membuat fans page facebook, perlu diketahui bahwa halaman fb ini terbagi atas 6 kategori yang dapat dipilih sesuai dengan type komunitas.

  1. Local Business or Place
  2. Company, Organization or Institution
  3. Brand or Product
  4. Artist, Band or Public Figure
  5. Entertainment
  6. Cause or Community

Meski terbagi beberapa atas kategori, tujuan utamanya adalah sama yaitu menyatukan minat pengguna facebook yang bersuara sama agar mudah terhubung.

A. Cara Membuat Fans Page Facebook

Login terlebih dahulu ke akun pribadi Anda, Bila Anda belum memiliki akun facebook maka buatlah terlebih dahulu, Silahkan baca cara membuat akun facebook sebagai panduannya.

Setelah itu klik halaman https://www.facebook.com/pages/create , kemudian akan masuk ke halaman pembuatan fans page facebook seperti di bawah ini :

cara membuat fans page facebook

Pilih dan klik salah satu type yang mewakili halaman Anda, sebagai contoh saya pilih “Company, Organization or Institution”. Jangan ragu untuk memilih, bila tidak sesuai dengan keinginan maka Anda dapat membuatnya dari awal secara gratis.

Selanjutnya tentukan kategori, Misalnya “Media/News/Publishing” dan Masukkan nama yang mewakili blog atau institusi. Kemudian klik “Get Started” ( lihat gambar di bawah )

 

pilih kategori fans page facebook

 

Kemudian akan menuju bagian Set Up yang terbagi atas 4 bagian :

1.Masukkan deskripsi tentang halaman facebook dan tambahkan di bawahnya url alamat blog / website. Setelah itu klik “Save Info”. ( bila tidak memiliki blog / website, kosongkan saja )

 

deskripsi tentang fans page facebook

 

2. Set Up selanjutnya ialah mengatur logo (foto) untuk fans page facebook. Jika sudah memiliki logo, Anda bisa memasukkannya di sini dengan meng-klik “Upload From Computer” atau “Import From Website” kemudian klik “Next”. Tapi jika belum punya, Anda bisa memasukkannya lain kali dengan meng-klik “skip”.

 

Upload logo fans page facebook

 

3. Selanjutnya, Anda akan ditanya apakah ingin menambahkan fans page facebook sebagai halaman favorites ?. Bila menjadikannya favorites maka halaman ini akan tampil di samping kiri facebook pribadi Anda, dengan demikian akan lebih mudah diakses.

Bila ingin halaman tersebut tampil di menu favorites maka klik saja “Add to Favorites”. Bila tidak ingin, lanjutkan dengan klik “Skip”.

Jadikan fans page facebook sebagai menu favorite

 

4. di layar selanjutnya, Anda akan diminta menentukan lokasi yang menjadi target. Bila Anda ragu biarkan dalam settingan default saja (lewati). Lanjutkan dengan settingan usia yang menjadi taget fans page facebook. Biarkan default saja (18-65+). Lanjutkan dengan setting Gender menjadi “All” untuk menargetkan seluruh gender.

Kemudian pada baris selanjutnya, Masukkan target pencarian ketertarikan, lewati saja bila masih bingung, Lanjutkan dengan menset bahasa : Indonesian bila menggunakan Bahasa Indonesia.

Selanjutnya klik saja “Save”

 

setting audience fans page facebook

 

Nah, sampai di sini fans page facebook sudah hampir selesai, Anda bisa melihat halaman yang sudah jadi. Selanjutnya Anda perlu melakukan settingan sedikit untuk menambah daya tarik maupun SEO-nya ( Search Engine Optimization, mesin pencari = red )

 

cara membuat fans page facebook yang mudah

 

B. Lakukan Setting Fans Page Facebook Anda

settingan yang dimaksud di sini ialah penambahan beberapa bagian yang perlu dan bagian yang sengaja dilewatkan saat pembuatan awal. antara lain :

1.Lakukan upload gambar / foto profile

2.Upload gambar untuk cover fans page facebook

3.Bagian About (Tentang)

a. USERNAME : berikan nama pada bagian username yang akan memberikan alamat fans page facebook Anda.

b. START DATE : isikan tanggal mulai beroperasinya halaman fb

c. ADDRESS : isikan alamat / lokasi bisnis (komunitas)

d. HOURS : masukan waktu kegiatan

e. SHORT DESCRIPTION : isikan ringkasan pendek tentang produk, bisnis, komunitas, ringkasan ini akan muncul di bawah foto profil dan hanya diberikan sebanyak 155 karakter saja. Jadi upayakan menuliskan tentang komunitas yang pendek tapi cukup membuat pengguna memahami tujuan komunitas.

f. IMPRESSUM : bagian ini hanya opsional, karena ketentuan hukum yang berlaku di beberapa negara terhadap kepemilikan website. Bagian ini bisa Anda kosongkan.

g. LONG DESCRIPTION : berikan informasi lanjutan tentang bisnis, merek, komunitas atau organisasi. Termasuk rincian tentang latar belakang, misi ataupun penghargaan yang telah diperoleh.

h. MISSION : masukkan misi di sini

i. FOUNDED : masukan tempat di dirikan

j. AWARDS : masukkan penghargaan yang telah diperoleh

k. PRODUCTS : masukkan product yang ditawarkan bila ada

l. PHONE : masukkan no telp.

m. EMAIL : masukkan alamat email

n. WEBSITE : masukkan alamat website bila masih kosong

o. OFFICIAL PAGE : Jika halaman Anda adalah tentang merek, selebriti atau mewakili organisasi tidak resmi, Anda bisa menambahkannya di sini.

Nah, itulah beberapa settingan yang bisa membantu Anda mulai mengoperasikan fans page facebook.

Selanjutnya Anda sudah siap untuk mulai melakukan postingan status di timeline. Ok, Demikian cara membuat fans page facebook | halaman fb semoga dapat memberikan manfaat. Selamat mencoba dan Salam sukses

Share