Cara Membuat Blog Gratis Sendiri dari Blogger untuk Pemula

Cara Membuat Blog Gratis Sendiri dari Blogger untuk Pemula ~ Sebenarnya membuat blog sendiri tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hanya saja bagi yang belum pernah mencobanya akan terasa ribet dan menyulitkan.

Bila tertarik.. Anda bisa mulai mencobanya secara gratis menggunakan blogspot dengan memperhatikan langkah-langkahnya melalui artikel cara membuat blog gratis dari Blogger untuk pemula ini kemudian mempraktekkannya langsung. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara mendetail agar Anda dapat membuat blog yang keren juga SEO Friendly.

Membuat blog SEO Friendly sangatlah penting karena bagaimanapun juga artikel yang sudah ditulis harus dapat terbaca (terindeks) oleh mesin pencari, Bahkan dapat ditemukan di halaman pertama (page one) pada saat orang mengetikkan kata kunci untuk mencari artikel tujuannya.

Bisa dibayangkan bila artikel yang sudah capek-capek ditulis tapi tidak bisa ditemukan di mesin pencari. Hal ini tentu berlawanan dengan tujuan utama dari sebuah blog yaitu berbagi.

Sebuah blog bisa berisi apa saja baik itu berupa pengalaman pribadi, ilmu pasti, gambar-gambar (foto), berita hingga bisnis tergantung dari si pemilik blog. Intinya adalah dapat menuangkan pikiran ke dalam sebuah tulisan dengan wadah blog.

Bahkan saat ini sudah banyak blogger yang bikin blog dengan tujuan mencari uang lewat internet dan menggantungkan mata pencahariannya melalui sebuah blog.

Karena kita sedang membahas cara membuat blog gratis maka saya akan gunakan platform dari blogger.com yang sudah sangat umum digunakan bagi blogger pemula sehingga nantinya blog yang sudah jadi akan menggunakan subdomain blogspot. Untuk platform lain akan dibahas di artikel selanjutnya… tunggu yahh 🙂

Ok.. mari kita mulai .. silahkan perhatikan dan ikuti step-stepnya yak

 

Cara Membuat Blog Sendiri dari Blogger

 

  • Siapkan Email Gmail

Langkah awalnya adalah harus memiliki email gmail terlebih dahulu. Hal ini perlu karena akan digunakan untuk melakukan login ke blogger.

Jadi mau tidak mau Anda harus punya email gmail tersebut. Lalu… Kenapa harus menggunakan email gmail bukan email yahoo saja ??

Ya… karena Blogger dan Gmail adalah satu perusahaan jadi tidak diperkenankan menggunakan email lain.

Bila Anda belum punya email gmail, Anda bisa mencoba membaca artikel cara membuat email gmail sebagai panduan untuk membuatnya.

Saya sarankan agar tidak perlu membuat banyak-banyak akun email, cukup 1 atau 2 saja asalkan diverifikasi dengan benar sehingga terjamin keamanan akun tersebut.

Jika terlalu banyak dikhawatirkan akan membuat pusing tujuh keliling he he . Oh ya jikalau sudah buat, jangan lupa dicatat username dan passwordnya agar tidak lupa nantinya.

  • Login ke www.blogger.com

Pada browser internet Anda, ketikkan www.blogger.com kemudian tekan Enter, selanjutnya akan tampil di layar monitor seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog gratis sendiri

cara membuat blog gratis

  • Masukkan alamat email gmail kemudian tekan enter atau klik ‘Berikutnya’,
  • Masukkan password kemudian tekan enter atau klik ‘Berikutnya’.

Langkah inilah yang merupakan awal dari cara membuat blog gratis Anda,

Jadi pastikan alamat email yang diketikkan sama persis dengan email gmail yang telah dibuat (perhatikan huruf besar dan kecil) demikian halnya dengan password.

Oleh karena itu sebaiknya setiap username atau password yang telah dibuat harus dicatat dan disimpan dengan baik dan benar agar tidak menjadi suatu kekeliruan saat menggunakannya.

Banyak sekali yang mengeluhkan terjadinya lupa username, lupa email, lupa password hanya karena masalah sepele semata yang seharusnya tidak terjadi.

Jangan lupa perhatikan media tempat menyimpan username dan password yang aman agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab.

Dan sebaiknya tidak menggunakan password berupa tanggal lahir, admin, nama anak dan lain sebagainya yang amat mudah ditebak. Gunakanlah kombinasi dari huruf, angka dan simbol akan lebih baik dan lebih sulit untuk ditebak.

  • Mulai Membuat Blog Sendiri

Jika login Anda berhasil maka akan tampil halaman untuk memulai bikin blog.

Arahkan kursor ke bagian kiri atas kemudian klik bagian bertuliskan “Blog Baru” seperti tampak di bawah ini

 

cara membuat blog gratis sendiri baru

klik blog baru

 

Selanjutnya akan terbuka layar baru

Pada bagian ini terdapat 3 bagian penting dari cara membuat blog gratis, dan saya akan berikan penjelasannya sebagai berikut :

 

cara membuat blog gratis sendiri mudah

 

1. JUDUL

⇒ isi bidang kosong dengan judul sesuai dengan keinginan.

Sebaiknya sesuaikan judul dengan thema artikel yang dibuat, upayakan jangan memberikan judul yang terlalu panjang.

Meskipun judul bisa diganti kapanpun,Saya sangat tidak menyarankan Anda mengganti judul blog, Kenapa ?

Karena… ketika artikel sudah mulai terindeks dengan baik, lalu Anda mengganti judul blog ..

Maka mesin pencari akan sulit untuk mengenali blog yang sudah dikenal sebelumnya. Jadi secara SEO (Search Engine Optimization) akan memberikan pengaruh buruk terhadap blog.

Oleh karena itu pikirkan dengan baik thema yang akan digunakan.

 

2. ALAMAT

⇒ Bagian ini adalah alamat blog,

Usahakan isi alamat blog sesuai dengan thema juga agar terindeks lebih baik secara SEO,tidak terlalu panjang dan mudah diingat. Misalnya : bloggingtips.blogspot.com .

Bila alamat blog belum ada yang menggunakannya maka akan tampil centang berwarna ungu kebiruan,Tetapi jika sudah ada yang gunakan maka akan tampil tanda seru (!) berwarna kuning, dan harus mencari alamat baru lagi !

Judul dan alamat blog yang mengandung kata kunci yang ditargetkan akan lebih baik di mata SEO. Tetapi bila sudah terlanjur dibuat maka bisa diakali dengan cara mengganti subdomain blogspot dengan domain sendiri nantinya misalnya .com, .org, .net, .id dll.

Apabila membuat blog untuk keperluan bisnis online, sebaiknya menggunakan domain tersendiri agar terlihat lebih profesional.

Jika alamat blog sudah digunakan , Anda bisa tambahkan / sisipkan angka atau tanda strip (-)

Oh ya Apabila Anda menggunakan domain sendiri, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut dalam menentukan nama domain :

  1. Sesuaikan dengan topik blog, misalnya : caramembuatbloggratis.com
  2. Mudah diingat, ditulis, tidak terlalu panjang
  3. Hindarkan menggunakan nama domain yang mirip dengan website populer
  4. Usahakan hindari penggunaan tanda strip (-) misalnya : cara-membuat_blog_gratis.com
  5. Jangan Menggunakan angka, misalnya : car4buatblog8.com
  6. Upayakan menggunakan .com

 

3. TEMPLATE

bagian ini merupakan muka dari sebuah blog, Saya sebut muka karena membentuk tampilan blog. Pilih model yang sesuai dengan kesukaan Anda, Nantinya template blog dapat diganti sesuai dengan kehendak.

Tetapi perlu diingat jangan terlalu sering ganti template, karena akan memberikan pengaruh buruk terhadap SEO.

Selanjutnya adalah klik ” Buat blog! ” (4) Sampai di sini cara membuat blog gratis Anda sudah selesai.

semakin sering mengganti template, semakin buruk pula SEO

Tetapi hanya berupa blog kosong tanpa isi apa-apa, Karena itu lanjutkan dengan langkah selanjutnya yaitu :

menulis di blog baru tersebut !

Tetapi… Sebelum mulai menulis …

Ada baiknya kenali dahulu bagian-bagian yang terdapat di dalam editor blog agar dapat dipergunakan dengan baik.

Untuk mempermudah penjelasan,Saya akan menggunakan gambar sebagai panduan, Perhatikan gambar-gambar di bawah ini

 

cara membuat blog sendiri

Langkah pertama yang harus dilakukan bila ingin menulis artikel adalah klik tanda pensil berwarna orange (panah merah pada gambar di atas). Sesaat kemudian akan terbuka layar baru berupa editor menulis artikel.

Kenali Fungsi Editor Blog

Pada bagian ini terdiri dari icon-icon dengan macam-macam fungsi yang digunakan untuk melengkapi proses pembuatan artikel di blog.

 

editor artikel cara membuat blog

 

berikut ini penjelasan icon peralatan untuk menulis artikel blog :

1. Judul pos ⇒ Letakkan judul artikel yang dibuat di kolom ini. Menurut para ahli SEO, Salah satu cara membuat blog mendapatkan pencarian adalah dengan meletakkan kata kunci yang diincar di sini.

2. Publikasikan ⇒ Jika artikel sudah selesai dibuat dan siap untuk di publikasikan maka klik saja tombol ini

3. Simpan ⇒ Fungsi tombol ini adalah menyimpan tulisan yang telah diketik dalam bentuk draft, Artikel yang simpan biasanya dianggap belum siap untuk dipublikasikan atau belum selesai.

Hasil draft dapat diedit kembali dengan masuk ke menu dashboard blogger ⇒ Pos ⇒ Centang draft artikel ⇒ Edit

4. Pratinjau ⇒ untuk melihat tampilan sementara artikel yang sedang dibuat

5. Tutup ⇒ untuk menutup layar editor ( layar untuk menulis artikel )

6. Compose ⇒ tampilan / visual text ketika sedang mengetik artikel

7. HTML ⇒ tampilan dalam bentuk kode HTML, bila Anda mengerti bahasa coding dapat menambahkan bermacam – macam kode HTML di bagian ini ( bila tidak menguasai coding, sebaiknya biarkan saja , jangan dipusingkan )

8. Undo / Redo ⇒ klik tanda ini apabila ingin mengembalikan tulisan ke bentuk sebelumnya ( membatalkan/mengembalikan)

9. Font ⇒ Ada 8 pilihan bentuk huruf (font) yang bisa digunakan saat mengetik artikel

10. Font size ⇒ untuk mengubah ukuran huruf ( ada 5 ukuran yang bisa Anda gunakan )

11. Format ⇒ untuk mengubah suatu text sesuai dengan tingkatan kepentingan. Heading menempati urutan paling penting (tinggi) sedangkan minor heading berada di bawah subheading. Menurut para master SEO, Fitur ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu tehnik atau cara membuat blog menjadi lebih SEO Friendly.

12. Bold, Italic, Underline. Strikethrough ⇒ mengubah huruf menjadi cetak tebal, cetak miring, garis bawah, text yang dicoret.

13. Text color, Text background color ⇒ mengubah warna teks dan mewarnai latar belakang teks

14. Add or remove link ⇒ dipergunakan untuk membuat / menghilangkan tautan (link) di dalam artikel

15. Insert image / Video ⇒ untuk memasukkan gambar / video ke dalam artikel

16. Insert jump break ⇒ untuk memotong tampilan artikel di halaman blog. Ketika jumpbreak diklik maka artikel yang berada di bawah titik jumbreak tidak akan ditayangkan di halaman blog.

17. Alignment ⇒ untuk mengatur posisi tulisan rata kiri, tengah, kanan, atau rata imbang.

Numbered list ⇒ Memberi nomor pada ketikan artikel

Bullet list ⇒ Memberi tanda titik hitam pada ketikan artikel

Quote ⇒ memberi tampilan khusus pada kalimat atau paragraf yang dianggap sebagai kutipan

Remove formatting ⇒ membersihkan seluruh style atau editan yang sudah diterapkan di dalam artikel

18. Check spelling ⇒ digunakan untuk mengecek pengejaan, saat ini penerapannya hanya bisa untuk bahasa inggris saja

19. Transliterate ⇒ tombol untuk mengganti tulisan ke dalam bentuk beberapa aksara bahasa. Saat ini hanya tersedia untuk beberapa bahasa saja (19 bahasa) Sunda 1, Arab 1, Bengali, Yunani, Arab 2 , Gujarat, Marathi 1, Kannada, Malayalam, Marathi 2, Hindi 1, Punjabi, Serb, Hindi 2, Byelorusia, Tamil, Telugu, Sunda 2, Urdu.

Tekan tombol tersebut sekali lagi untuk menonaktifkan aksara bahasa.

Choose Transliteration ⇒ Tombol untuk memilih Aksara bahasa yang akan digunakan

20. Left-to-right / right-to-left ⇒ Tombol ini digunakan untuk memulai pengetikan dari arah kiri ke kanan atau sebaliknya

21. Layar artikel ⇒ tempat membuat postingan / menulis artikel

22. Label ⇒ memberikan label / jenis postingan / kategori postingan : gunanya untuk mengelompokkan artikel

23. Jadwal ⇒ digunakan untuk menentukan waktu publikasi artikel secara otomatis atau rentang waktu yang sudah ditentukan

24. Tautan permanen ⇒ digunakan untuk membuat alamat artikel (URL) secara otomatis atau khusus. Alamat khusus sebaiknya menggunakan tanda penghubung strip (-) di setiap batas kata. Misalnya http://softmadia.com/cara-membuat-blog-gratis

25. Lokasi ⇒ untuk memasukkan keterangan tempat saat menulis artikel ( diabaikan saja )

26. Deskripsi Penelusuran ⇒ untuk memasukkan meta description ke dalam artikel berupa penjelasan singkat dari isi artikel anda (max.150 karakter) dan pastikan mengandung kata kunci yang ditargetkan

27. Pilihan ⇒ bagian ini yang berisi beberapa pilihan yaitu mengatur kolom komentar pembaca, mode tulis HTML dan baris baru ketikan anda. Anda dapat mengabaikan bagian ini jika dirasa kurang paham.

 

Tips Membuat Artikel di Blog

 

Perhatikan Tips Menulis di Blog berikut ini sebelum Anda mulai menulis artikel !

Menulis artikel di blog sebenarnya hampir sama caranya dengan menulis di kertas. Saat menulis di kertas kita perlu kerapihan, enak dibaca, mudah dipahami. Sedangkan menulis artikel di blog diperlukan lagi tambahan tehnik – tehnik menulis agar dapat terbaca dengan baik oleh mesin pencari sehingga menambah perolehan trafik.

Untuk saat ini Anda tidak perlu memusingkan tehnik- tehnik yang dimaksud di atas. Cukup fokus menulis artikel berkualitas karena yang terpenting adalah isi dari artikel yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan kata lain “Konten adalah raja”.

konten adalah raja maka dari itu tetap fokus menulis artikel yang berkualitas, menulis untuk dibaca manusia bukan menulis untuk dibaca oleh mesin pencari

Berikut ini ada beberapa tips dalam menulis artikel :

  • Usahakan menulis tentang thema (niche) yang disukai / dikuasai
  • Berikan jarak antar paragraf, cukup enter 2x saja
  • Gunakan bahasa baku
  • Fungsikan tanda baca dengan baik
  • Menulislah seperti sedang berbicara di depan orang banyak
  • Baca ulang tulisan Anda
  • Usahakan jangan gunakan bahasa gaul
  • Upayakan menulis padat dengan disertai kata kunci yang diincar
  • Jangan terburu-buru menyelesaikan artikel
  • Gunakan cetak tebal, cetak miring, atau garis bawah bila ada teks yang dianggap penting

Cara Membuat Blog Lebih SEO Friendly

 

Banyak hal yang dikategorikan dapat membuat blog lebih SEO Friendly, Salah satunya adalah setting di bagian meta description. Blogspot yang baru selesai dibuat biasanya belum mengaktifkan meta description, Sedangkan secara SEO meta deskripsi akan memberikan kontribusi ke mesin pencari tentang materi yang ada di sebuah artikel.

Oleh karena itu, sebaiknya mengaktifkan meta description blog agar blog lebih SEO Friendly.

berikut ini langkah-langkahnya :

  • Login ke Dashboard blogger
  • Klik SETELAN (settings)
  • Klik PREFERENSI PENELUSURAN
  • Temukan tulisan TAG META Deskripsi
  • Klik EDIT
  • Pilih YA
  • Isi kolom yang tersedia dengan kalimat yang menggambarkan isi blog
  • Klik SIMPAN PERUBAHAN

cara membuat blog seo friendly

 

Meta deskripsi yang sudah diisi akan memberikan gambaran isi homepage ke mesin pencari, Sedangkan untuk deskripsi artikel blog bisa Anda isikan di bagian deskripsi penelusuran artikel ( lihat no 26 pada editor blog di atas).

Upayakan mengandung kata kunci di setiap deskripsi karena hal ini akan menambah blog menjadi lebih SEO Friendly.

Biasanya template bawaan blogger adalah template yang standar, Tampilannya pun dirasakan kurang menarik bahkan tidaklah keren.

Nah bila Anda ingin tahu cara membuat blog menjadi keren, menarik dan terlihat lebih profesional maka mau tidak mau harus ganti template. Berikut ini langkah-langkahnya :

 

Cara Membuat Blog Gratis Menjadi Keren

 

Kunjungi website :http://www.mastemplate.com/

Pilih salah satu model template keren yang Anda sukai dengan melihat Demo : See it Live.

Ambil contoh pilihan Anda adalah template Johny Wusss karya maestro template Indonesia : Maskolis

 

cara membuat blog keren

cara membuat blog yang keren

 

Selanjutnya klik FREE DOWNLOAD di bagian kanan atas

Kemudian akan terbuka tab layar baru, Klik saja download, Simpan di PC Anda. Tunggu proses hingga selesai. Perhatikan nama file ber-ekstensi XML, File inilah yang nantinya akan diunggah ke dalam blog Anda.

Kini Anda sudah lebih mengerti cara membuat blog dengan memiliki template blog yang keren, Tetapi bagaimana cara mengganti template tersebut ? Mudah saja …

Langsung buka dashboard blogger, Kemudian klik TEMPLATE dan temukan tombol ‘Cadangkan / Pulihkan’ di bagian kanan atas layar.

ganti template blog keren - cara membuat blog

Kemudian tampil menu pop-up, Klik saja Choose File dan ambil file XML yang sudah didownload tadi. Selanjutnya klik UNGGAH. Tungguh proses hingga selesai..

 

mengganti template blog yang keren - cara membuat blog

 

Dan kini lihat tampilan blog Anda sudah berubah seperti template blog keren pilihan Anda tadi. Nah..Sekarang Anda sudah tahu cara membuat blog pribadi menjadi keren, menarik dan profesional bukan ?

Tampilan blog perlu keren, Perlu juga SEO Friendly, Tetapi artikel berkualitas-lah yang paling penting… karena itu tetap pelajarilah mengembangkan blog dan tetap lakukan posting. Jangan berupaya melakukan copy paste artikel, akan lebih bermartabat jikalau Anda tulis ulang sendiri.

Perlu diingat bahwa blogging tidak ada yang instant, Semua perlu waktu, perlu perjuangan, perlu melek, perlu fokus karena itu jangan mudah putus asa.

Semoga artikel cara membuat blog gratis dari blogger untuk pemula ini memberikan manfaat. Salam blogger dan salam sukses selalu

Share