Cara Membuat Blog Gratis di WordPress untuk Pemula

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress ~ Salah satu platform hosting tangguh yang berkembang dan sangat populer adalah WordPress.com. Platform ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk membuat blog pribadi ataupun situs usaha. Bagi pendatang baru di dunia blogging tentu tidak ada salahnya mencobanya dengan cara membuat blog gratis di WordPress ini.

Dengan menggunakan platform ini memungkinkan Anda membuat blog yang cantik dan tangguh. Pihak WordPress sendiri mengklaim bahwa platformnya telah mengoptimalkan SEO untuk mengangkat situs di tempat teratas pada mesin pencari Google, Bing, Yahoo dan lainnya ( silahkan dibuktikan ­čśÇ )

Nah, Bagi Anda yang ingin mencobanya bisa mengikuti cara membuat blog gratis di WordPress yang akan dijelaskan langkah demi langkah di bawah ini. Silahkan disimak :

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress

1. Kunjungi situs https://id.wordpress.com/

2. Klik “Buat Situs Web”

3. Pilih kategori yang mencerminkan isi situs Anda

 

cara membuat blog di wordpress gratis

 

4. ┬áLangkah selanjutnya pilih tema blog (theme / template blog), Anda bisa melewati langkah ini dengan klik “lewati sekarang” yang terletak di bagian bawah menu theme. Nanti ada bagian yang bisa digunakan untuk mengaturnya lagi.

5. Saya anggap Anda telah memilih salah satu theme. Kini saatnya untuk mencari nama domain. Karena kita sedang membahas cara membuat blog gratis di WordPress maka domain yang dihasilkan akan memiliki embel-embel wordpress.com. Bentuknya seperti ini http://nama_domain.wordpress.com.

 

cara membuat blog gratis di wordpress sendiri

 

6. Masukkan nama domain / kata kunci yang Anda inginkan. Usahakan kata yang dimasukkan berkaitan dengan tema blog. Sebagai contoh saya memasukkan kata kunci “resepmasakanbaru” untuk membuat blog tentang resep masakan.

 

cara membuat blog gratis di wordpress yang mudah

 

7. Setelah mendapatkan nama domain yang diinginkan, Klik “Pilih”, Kemudian akan terbuka layar baru yang menawarkan beberapa pilihan. Klik “Pilih Paket Gratis” karena kita sedang membahas cara membuat blog gratis di wordpress.

Cara Membuat Blog Gratis Sendiri di WordPress

Paket di sebelahnya adalah paket berbayar yang akan ditagih per tahun. Paket ini tidak jauh berbeda dengan paket gratis, perbedaanya hanya penambahan beberapa fitur. Jadi abaikan saja dulu. Bila diperlukan Anda bisa mengajukannya lagi dikemudian hari.

baca juga : Cara Buat Blog Gratis Sendiri dari Blogspot

 

cara membuat blog gratis di wordpress untuk pemula

 

8. Selanjutnya, Masukkan email, username, dan password. Biasanya username akan ditampilkan secara otomatis, Username ini bisa diganti, tidak harus sesuai dengan yang ditampilkan. Dan bila ada pemberitahuan username tersebut sudah ada yang menggunakan, maka harus diganti dengan yang lain. Jangan lupa catat email, username dan password di tempat yang aman agar tidak menjadi lupa nantinya.

Email yang digunakan bisa berupa email gmail ataupun email yahoo, terserah Anda. Dan bila Anda belum memilikinya, silahkan buat terlebih dahulu. Bila terdapat kesulitan Anda bisa menbaca artikel cara membuat email baru dari gmail dan yahoo sebagai panduan.

9. Setelah memasukkan email, username dan password klik “Buat Situs Saya” , tunggu proses sebentar.

10. Akan terbuka layar baru, dan blog Anda sudah jadi. Perhatikan petunjuk-petunjuk dengan meng-klik “Berikut”. Jangan lupa buka email yang digunakan untuk mendaftar, Klik kiriman email dari WordPress.com untuk melakukan konfirmasi akun. Konfirmasi ini harus dilakukan untuk pengaktifan akun Anda.

Selanjutnya untuk melakukan login ke blog Anda ketik di browser http://alamatblog.wordpress.com/wp-login.php  ( misal : http://resepmasakanbaru.wordpress.com/wp-login.php) .

Sebelum membuat artikel, Lakukan setting tampilan terlebih dahulu bila theme blog (template blog) belum dipilih di awal tadi (dilewati). ┬áTapi kalau sudah ada theme-nya, klik “Sesuaikan” untuk mengatur tampilan blog berupa Judul Situs, Warna & Latar Belakang, Bentuk huruf, dan menu-menu lainnya.┬áUntuk mulai membuat postingan, klik menu “Post” kemudian klik lagi “Tambah Baru”. ┬áKarena proses settingan di menu-menu ini terlalu panjang maka jika memungkinkan akan saya buatkan artikel tersendiri nantinya.

Ok, Silahkan dipraktekkan cara membuat blog gratis di wordpress Anda  semoga dapat berhasil, Salam sukses

Share