Cara Lulus Sarjana dengan Predikat Cum Laude

Cara Lulus Sarjana dengan Predikat Cum Laude ~ Setiap mahasiswa tentu ingin memperoleh nilai yang sempurna di setiap mata kuliah, Meskipun tidaklah mudah untuk mendapatkan nilai A di setiap mata kuliah. Namun hampir di setiap kampus selalu saja ada yang berhasil memperoleh nilai A di seluruh mata kuliahnya yang kita kenal dengan predikat cum laude.

Untuk mendapatkan nilai sempurna di seluruh mata kuliah, tentu harus ada persiapan ataupun langkah-langkah yang harus ditempuh agar predikat cum laude tersebut menjadi lebih dekat dengan si mahasiswa.

Lantas, apa sih rahasia untuk mencapai predikat cum laude tersebut ? berikut ini ada beberapa trik atau cara lulus sarjana dengan predikat cum laude yang bisa Anda terapkan , silahkan disimak :

Rahasia Cara Lulus Sarjana Predikat Cum Laude

1. Pahami setiap materi kuliah
Persiapkan menghadapi ujian dari jauh-jauh hari dengan memahami materi-materi kuliah. Jangan menggunakan sistem ‘sks’ (sistem kebut semalam) ketika akan ujian. Perhatikan saat dosen menerangkan, catat yang menurut Anda penting. Kemudian, baca buku pendukung lainnya dan jurnal-jurnal sebagai referensi untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

2. Lakukan Review

Usahakan membaca ulang bab mata kuliah yang sebelumnya agar ingatan terhadap bab sebelumnya tetap segar. Lakukanlah review materi secara berkala karena selalu ada keterkaitan antara bab yang satu dengan bab yang lain. Sehingga ketika mendekati hari ujian maka Anda tidak perlu menggunakan cara ‘sks’ yang akan menambah beban otak bahkan membuat materi-materi yang berada di otak menjadi rontok tidak karuan.

3. Cari tahu aturan dosen

Dosen adalah si pemberi nilai, Selain nilai hasil ujian jangan lupa mencari tahu aturan main dari si dosen. Hal ini penting karena biasanya dosen menerapkan total dari nilai setiap mata kuliah berasal dari akumulatif nilai ujian dan kehadiran. Jangan sampai nilai kehadiran yang rendah mempengaruhi nilai ujian yang tinggi, Selain itu untuk menghindari sanksi administratif dari dosen karena kehadiran yang sangat minim.

4. Menjadi Mahasiswa yang Aktif

Sudah menjadi hukum alam di setiap kelas jika seseorang yang selalu aktif, baik itu bertanya atau menanggapi pertanyaan maka akan lebih dikenal oleh penghuni kelas tersebut. Demikian juga dosen akan lebih mengenal Anda yang suka berpatisipasi di kelas. Jikalau demikian maka biasanya dosen juga akan memberikan nilai tambahan kepada Anda untuk mata kuliahnya.

5. Dekati dosen

Dekati dosen di sini bukanlah maksud untuk merayu agar mendapatkan nilai tinggi, melainkan dengan maksud lebih memudahkan mendapatkan berbagai informasi bahan kuliah, buku referensi tambahan yang akan membawa manfaat mendukung penguasaan materi maupun persiapan ujian nantinya sebagai langkah upaya mendapatkan nilai A.

Semoga tips cara lulus sarjana dengan predikat cum laude dapat memberikan manfaat bagi pembaca softmadia.

error: Content is protected !!