Bahaya Main Ponsel di Malam Hari, Ini dia Alasannya !!

Mungkin Anda termasuk salah seorang yang memiliki kebiasaan bermain ponsel di malam hari. Apalagi menjelang tidur di tempat yang relatif gelap. Hayoo dehh.. ngaku… entah itu membaca berita, update status Facebook, Twitter, BBM, Grup WhatsApp dan lain-lain.

Memang menyenangkan ketika berselancar. Tapi bila hal demikian berlangsung terus menerus dan dalam keadaan gelap gulita akan memberikan bahaya kesehatan yang mengerikan.

Main Hp di Tempat Gelap                                                                       pict by : yourtechexplained

Dampak Main Ponsel Di Malam Hari

Tak hanya mempengaruhi kedua bola mata Anda, tapi cahaya ponsel juga dapat mempengaruhi kesehatan lainnya. Nahh… Apa bahaya main ponsel di malam hari nan gelap ? Berikut ini sejumlah alasannya :

1. Kerusakan Mata

Cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel dapat mengganggu produksi melatonin yang akan menyebabkan Anda akan sulit untuk tidur. Bila hal ini sering terjadi dan berlangsung lama akan membuat mata menjadi sakit, bahkan terjadi kerusakan permanen di retina. Hmmm … seremm kan ??

2. Sulit Tidur

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa, cahaya biru terang yang dipancarkan oleh smartphone dapat mempengaruhi produksi melatonin. Bila produksi melatonin terganggu akan menyebabkan sulit tidur. Akibat dari kurang tidur, tentu akan membuat suasana hati Anda menjadi tidak nyaman, kacau balau, dan terasa mengantuk keesokkannya. Dan ujung-ujungnya akan membuat Anda pusing dan depresi.

3. Resiko Kena Kanker

Selain bekerja sebagai pengatur siklus tidur, melatonin juga merupakan hormon penting.  Hormon yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang membantu tubuh untuk melawan kanker. Bila memainkan ponsel terlalu lama, dapat mempengaruhi kinerja hormon tersebut yang akhirnya resiko kena kanker menjadi taruhannya.

4. Gangguan pada Otak

Ketika seseorang sudah mulai terganggu tidurnya gara-gara pengaruh penggunaan handphone di malam hari. Hal tersebut akan dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan aliran darah di otak. Sehingga terjadi gangguan pada otak yang tidak menutup kemungkinan memberikan dampak buruk ke organ tubuh yang lain.

baca juga : Bahaya Penggunaan Wifi Terhadap Manusia

5. Efek Radiasi Ponsel

Hp yang diletakkan berada di dekat tempat tidur dan dalam kondisi ON akan memancarkan radiasi elektromagnetik. Hal ini mempunyai kemiripan dengan dampak radiasi elektromagnetik yang ditimbulkan oleh radar.  Pesawat radar sejauh ini telah diduga mempunyai dampak terhadap manusia yang berada pada sekitar instalasi  radar.

Dampak tersebut adalah kemampuan radar mengagitasi molekul air yang ada dalam tubuh manusia. Perlu diingat bahwa sel – sel yang terdapat dalam tubuh manusia sebagian besar mengandung air. Karena itu dampak agitasi terhadap molekul air perlu mendapat perhatian yang seksama.

Agitasi  yang  ditimbulkan  oleh  radiasi  elektromagnetik.  Kalau  intensitas  radiasi elektromagnetiknya  cukup  kuat,  maka  molekul – molekul  air  akan terionisasi.  Dampak  yang  ditimbulkan  mirip  dengan  akibat  yang ditimbulkan  oleh  radiasi  nuklir.

Agitasi  bisa  menaikkan  suhu  molekul  air  yang  ada  di dalam  sel – sel  tubuh  manusia. Hal ini dapat berpengaruh  terhadap  kinerja  susunan  syaraf,  kelenjar dan  hormon serta  berpengaruh  terhadap  psikologis  manusia.

Penelitian  lain  menunjukkan bahwa potensi  gangguan kesehatan yang timbul akibat papaparan medan elektromagnetik dapat terjadi pada berbagai sistem tubuh.  Antara  lain:

  • Sistem Peredaran Darah
  • Alat Reproduksi
  • Sistem Saraf
  • Sistem Kardiovaskular
  • Endokrin
  • Psikologis, dan
  • Hipersensitivitas

sumber : https://mahardikaholic.files.wordpress.com/2009/12/efek-radiasi-gelombang-elektromagnetik-pada-ponsel.pdf

6. Sakit Tangan dan Punggung

Saking asiknya browsing… tidak disadari posisi memegang Hp akan menyebabkan kekakuan otot dan persendian. Otot yang tadinya sudah siap untuk diistirahatkan malah tetap digunakan untuk memegang ponsel. Nah posisi lengan yang tidak berubah-ubah, akan menyebabkan kekakuan sendi. Dan akhirnya menyebabkan terasa pegal bahkan sakitnya akan merembet ke bagian punggung.

Nahh… banyak kan bahaya yang ditimbulkan, Karena itulah jangan main hp di malam hari menjelang tidur… Semoga bermanfaat

Share