Asisten “M”, Fitur Pribadi Aplikasi Facebook Messenger

Belum lama ini pihak Facebook merilis fitur pribadi yang pintar di Facebook messenger dengan nama “M”. Fitur berbasis AI (Kecerdasan Buatan) ini berfungsi untuk menganalisa percakapan pengguna dengan kata kunci tertentu dan menawarkan saran relevan berbasis konteks percakapan.

Layanan tersebut juga bisa ditemui pada layanan Google Assistant. Namun berbeda dengan Google Assistant, M tidak secanggih pesaingnya itu.

Meskipun diprediksi akan mampu menyederhanakan proses pesan teks pada messenger. Misalnya menyederhakan aktivitas berbagi lokasi, menawarkan saran terkait, poling di group chat dan menyediakan cara untuk mengatur jadwal pertemuan dengan rekan ataupun keluarga.

Asisten M, Fitur Pribadi Facebook Messenger

Selain itu, Fitur M dapat menawarkan saran melalui gelembung pop-up seperti dapat melakukan pembayaran, memesan kendaraan via aplikasi ride-share (seperti Grab/Uber), dan mengkoordinasikan rencana dengan teman-teman Facebook.

Contohnya : ketika pengguna mengucapkan ‘Happy Birthday’ maka M akan menampilkan stiker berupa balon dan kue. Sementara di saat teman Anda mengucapkan ‘Bayar USD10’ ia akan menunjukkan tautan ke fungsi Messenger sehingga bisa secara langsung membayarnya.

Asisten M Aplikasi Facebook Messenger

Anda juga dapat menyentuh gelembung saran selama beberapa saat untuk mendapatkan lebih banyak saran. Mengusapnya ke samping akan menyingkirkan saran yang tidak diperlukan. Sedangkan untuk menghilangkan M dari layar, pengguna dapat melakukannya melalui pengaturan M.

Sebelumya asisten virtual ini sudah diumumkan sekitar setahun yang lalu dan diberi nama ” Eksperimen AI Kecil”. Suatu proyek yang bekerja mengalisa setiap dialog manusia yang terjadi dan terus memperbaikinya.

Menurut salah satu pejabat di Facebook David Marcus, “Tidak seperti layanan berbasis AI lainnya di pasar, M bertugas atas nama Anda. Sehingga Anda dapat membeli barang-barang, mengirimkan hadiah ke orang yang Anda cintai, restoran, buku, pengaturan perjalanan, janji dan lain-lain. ”

Secara keseluruhan, proses tersebut dilakukan secara otomatis. Dan setelah menjalani pengujian selama beberapa bulan lamanya, fitur ini kini sudah tersedia di seluruh aplikasi Messenger versi Android dan iOS di Amerika Serikat.

Sedangkan untuk pengguna yang berada di luar AS harus bersabar untuk mendapatkan layanan ini. Facebook sendiri kedepannya bakal menggunakan layanan yang lebih banyak memanfaatkan AI dengan dukungan bahasa masing-masing negara.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!