8 Cara Mendapatkan Trafik Blog yang Tinggi

Saya yakin sebagian besar pemilik blog selalu memikirkan cara mendapatkan trafik blog yang tinggi. Hal ini sangatlah wajar, Karena blog memerlukan lalu lintas atau pengunjung, Tanpa pengujung apalah arti sebuah blog. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan website, Persaingan perolehan kata kunci juga mengalami peningkatan yang amat ketat ditambah lagi banyak website yang sudah berumur yang lebih dulu menguasai kata kunci tertentu.

Sehingga berbagai cara mendapatkan trafik blog selalu menjadi tuntutan pemikiran yang ekstra agar dapat bersaing di dunia internet.

Tetapi jangan berkecil hati ! , Blog atau Website Anda bisa seperti mereka, Walaupun menggunakan blog gratis dari Blogspot ataupun WordPress tetapi berpeluang untuk memiliki trafik tinggi. Asalkan Anda berusaha, fokus, kreatif dan berdoa selalu.

Lalu apa yang Anda lakukan untuk membuat blog Anda memiliki trafik tinggi ?, Berikut ini penjelasannya:

1. Rajin update artikel

Blog perlu rajin diupdate agar berpeluang mendulang trafik tinggi nantinya. Anda bisa mengupayakan agar buat 25 artikel setiap hari. Anda bisa lihat contoh blog / website berita yang setiap hari selalu meng-update artikelnya begitu banyak. Hal ini akan berimbas perolehan keyword walaupun artikel yang dibuat tidaklah panjang. Bila Anda tidak memiliki waktu untuk update artikel, Anda bisa membuat artikel yang panjang ( kisaran 1000 kata ) untuk mendongkrak perolehan keyword.

2. Tulis artikel yang fresh

Buat artikel berkualitas yang fresh, disukai oleh pembaca dan hal ini pula otomatis akan disukai pula oleh mesin pencari. Artikel yang fresh adalah artikel yang terbaru hasil tulisan sendiri (bukan copas) dan membahas masalah terkini karena satu artikel berkualitas akan lebih baik dari puluhan artikel yang biasa-biasa saja.

Dengan demikian blog / website yang memiliki banyak artikel berkualitas sudah dapat dipastikan akan mendapatkan trafik yang banyak pula.

3. Tancapkan backlink berkualitas

Blog yang mendapatkan backlink berkualitas akan mendapatkan pengaruh besar dari asal website tersebut. Backlink berkualitas misalnya adalah backlink yang berasal dari website lain yang berperingkat tinggi. Tentunya backlin tersebut harus terlihat alami sehingga tidak dicurigai oleh mesin pencari. Jangan berupaya menggunakan cara-cara yang tidak terpuji, melakukan spamming, menggunakan bot spmammer, backlink berbayar dan lain-lain. Upaya melakukan pertukaran backlink sangat tidak disarankan karena pihak Google tidak menyukai hal semacam itu yang selalu memantaunya melalu berbagai update algorithmanya.

4. Lakukan Interlink

Proses interlink ( tautan antar link dalam satu blog ) juga sangat baik yang akan membuat peluang bertambahnya pageviews yang akhirnya trafik juga akan bertambah. Interlink yang tertaut haruslah yang relavan jangan berupaya melakukan penipuan terhadap pengunjung melalui link yang tidak relavan.

5. Kolaborasi Penulis

Hal ini berkaitan dengan update artikel, Semakin banyak penulis aktif yang berkecimpung dalam satu blog tentu akan semakin baik dalam mendulang update artikel. Kita ambil contoh dari forum-forum yang sedemikian banyak orang yang berkolabrasi di dalamnya dalam mengupdate, walaupun hanya menulis sedikit artikel tapi karena banyak yang melakukan update maka mesin pencari tetap akan menganggapnya update artikel.

6. Lakukan promosi dengan baik

Promosi blog tentu akan menciptakan peluang meningkatnya popularitas blog. Anda bisa melakukan promosi melalui media social Facebook, Twitter, Google Adwords, Bing Ads, atau media elektronik dan lain-lain. Tentunya harus dibarengi dengan kualitas artikel agar promosi yang dilakukan tidak berbuntut sia-sia. Ingat promosi ini sebagai bagian melakukan branding agar website / blog dapat dengan mudah diingat yang akhirnya dapat menghasilkan trafik.

7. Percepat Loading Blog

Salah satu hal yang memperburuk trafik blog adalah kecepatan loading blog yang amat buruk. Pengunjung yang datang untuk membaca artikel akan kewalahan bila harus menunggu loading blog yang lama, dan hal ini akan membuat pengunjung enggan membuka artikel lainnya. Untuk mengantisipasi loading blog yang lama, Anda bisa mengganti template blog dengan yang lebih ringan, mengurangi tampilan widget yang tidak penting, melakukan kompress gambar ataupun template dan lain-lain.

8.  Lakukan optimasi

Optimasi blog dikenal ada 2 bagian, yakni optimasi On page dan Off page. Optimasi Onpage yaitu melakuan berbagai upaya perbaikan pada komponen pembangun blog / website. Hal ini penting karena dengan melakukan optimasi onpage maka mesin pencari akan lebih “suka” untuk mampir dan men-crawl blog Anda. Bagian-bagian yang termasuk ke dalam On Page adalah :

  • Title tag
  • Meta Description
  • URL
  • Judul Halaman (h1)
  • Judul Artikel (h2)
  • Sub judul artikel (h3)
  • Jenis huruf ( bold, italic )
  • Memberi atribut alt pada gambar

Sedangkan bagian Offpage adalah optimasi yang dilakukan dibelakang layar yang tujuannya adalah agar mesin pencari semakin mengenali blog sehingga orang lain menjadi lebih mudah menemukan blog Anda. Tentunya tidak ada pengunjung yang mengetahui dengan pasti apa yang telah dilakukan empunya blog. Salah satu optimasi offpage yang sering kali disebut adalah menanamkan backlink ke dalam blog. Berbicara backlink tentulah harus dilakukan senatural mungkin, lakukan dengan konsisten dan berkesinambungan.

Setelah Anda tahu 8 cara mendapatkan trafik blog tentunya harus action !! jangan hanya berpangku tangan yang sudah tentu tidak akan menghasilkan apa-apa.

Share